PROFILE SDN PUTAT BASIUN

PROFILE SDN PUTAT BASIUN
SDN PUTAT BASIUN

Sabtu, 31 Oktober 2015

PTK SELEKSI GURU BERPRESTASI

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
         Berdasarkan pengalaman mengajar sebagai guru kelas IV Tahun pelajaran 2013 / 2014, Setiap kali pembelajaran Bahasa Indonesia maka mayoritas siswa banyak yang belum mampu atau salah dalam penggunaan huruf kapital ketika menulis surat, mengisi data, menjawab pertanyaan essai, membuat pengumuman, serta membuat karangan dan pantun anak, Bahkan hasil belajar bahasa Indonesia pada aspek menulis belum terlihat memuaskan dan nilai rapor kenaikan kelas dari kelas 3 naik ke kelas 4, rata-rata nilai Bahasa Indonesia siswa adalah 6.3, Nilai rata-rata tersebut masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65.
Hal ini mungkin disebabkan karena guru belum melakukan pembelajaran yang bervariasi sehingga hasil belajar rata rata kelas berada dibawah KKM. Melihat kenyataan ini hendaknya guru memvariasi gaya belajarnya dengan menerapkan Model-Model pembelajaran .
Dari uraian di atas penulis merasa perlu untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan Model pembelajaran pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD). Sehingga diharapkan hasil belajar siswa lebih Optimal karena keberhasilan belajar mutlak ditentukan oleh guru itu sendiri dalam kemajuan proses belajar mengajar, Maka penelitian ini saya beri judul “Optimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II  Tahun Pelajaran 2014/2015”.

B. Identifikasi Masalah
Secara umum pembelajaran Bahasa Indonesia hanya berpusat pada guru dan tidak melibatkan kegiatan siswa secara aktif yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan jenuh, gelisah, tidak konsentrasi dalam belajar, keluar masuk kelas, bermain dan bercanda sehingga mengakibatkan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia terbaikan. Ketidak optimalan dalam pembelajaran juga disebabkan guru lebih cenderung menggunakan konsep yang ada dibuku teks pelajaran bahkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia metode ceramah masih mendominasi sehingga interaksi hanya berlangsung satu arah, siswa hanya menerima informasi tanpa ada balikan, sementara yang aktif adalah guru, Padahal dalam pembelajaran yang aktif dan kreatif seharusnya diperlukan komunikasi dua arah sehingga membuat aktivitas siswa lebih meningkat.
Keadaan semacam ini bila dibiarkan, maka akan mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis huruf kapital yang berimbas pada hasil belajar siswa yang tidak optimal atau berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan akan berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.

C.  Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) dapat Mengptimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II  Tahun Pelajaran 2014/2015.

D.  Tujuan Penelitian
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Mengoptimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II  Tahun Pelajaran 2014/2015.

E.   Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah :
1.   Bagi siswa: dapat Mengoptimalisasi hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis huruf Kapital.
2.   Bagi guru: akan menambah wawasan dalam penggunaan Model-model pembelajaran terutama pendekatan kooperatif tipe STAD

3. Bagi sekolah bermanfaat sebagai dasar dalam membuat kebijakan dan peningkatan mutu pendidik disekolah.



BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
         Berdasarkan pengalaman mengajar sebagai guru kelas IV Tahun pelajaran 2013 / 2014, Setiap kali pembelajaran Bahasa Indonesia maka mayoritas siswa banyak yang belum mampu atau salah dalam penggunaan huruf kapital ketika menulis surat, mengisi data, menjawab pertanyaan essai, membuat pengumuman, serta membuat karangan dan pantun anak, Bahkan hasil belajar bahasa Indonesia pada aspek menulis belum terlihat memuaskan dan nilai rapor kenaikan kelas dari kelas 3 naik ke kelas 4, rata-rata nilai Bahasa Indonesia siswa adalah 6.3, Nilai rata-rata tersebut masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65.
Hal ini mungkin disebabkan karena guru belum melakukan pembelajaran yang bervariasi sehingga hasil belajar rata rata kelas berada dibawah KKM. Melihat kenyataan ini hendaknya guru memvariasi gaya belajarnya dengan menerapkan Model-Model pembelajaran .
Dari uraian di atas penulis merasa perlu untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan Model pembelajaran pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD). Sehingga diharapkan hasil belajar siswa lebih Optimal karena keberhasilan belajar mutlak ditentukan oleh guru itu sendiri dalam kemajuan proses belajar mengajar, Maka penelitian ini saya beri judul “Optimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II  Tahun Pelajaran 2014/2015”.

B. Identifikasi Masalah
Secara umum pembelajaran Bahasa Indonesia hanya berpusat pada guru dan tidak melibatkan kegiatan siswa secara aktif yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan jenuh, gelisah, tidak konsentrasi dalam belajar, keluar masuk kelas, bermain dan bercanda sehingga mengakibatkan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia terbaikan. Ketidak optimalan dalam pembelajaran juga disebabkan guru lebih cenderung menggunakan konsep yang ada dibuku teks pelajaran bahkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia metode ceramah masih mendominasi sehingga interaksi hanya berlangsung satu arah, siswa hanya menerima informasi tanpa ada balikan, sementara yang aktif adalah guru, Padahal dalam pembelajaran yang aktif dan kreatif seharusnya diperlukan komunikasi dua arah sehingga membuat aktivitas siswa lebih meningkat.
Keadaan semacam ini bila dibiarkan, maka akan mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis huruf kapital yang berimbas pada hasil belajar siswa yang tidak optimal atau berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan akan berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.

C.  Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) dapat Mengptimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II  Tahun Pelajaran 2014/2015.

D.  Tujuan Penelitian
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Mengoptimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II  Tahun Pelajaran 2014/2015.

E.   Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah :
1.   Bagi siswa: dapat Mengoptimalisasi hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis huruf Kapital.
2.   Bagi guru: akan menambah wawasan dalam penggunaan Model-model pembelajaran terutama pendekatan kooperatif tipe STAD
3. Bagi sekolah bermanfaat sebagai dasar dalam membuat kebijakan dan peningkatan mutu pendidik disekolah.



BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
         Berdasarkan pengalaman mengajar sebagai guru kelas IV Tahun pelajaran 2013 / 2014, Setiap kali pembelajaran Bahasa Indonesia maka mayoritas siswa banyak yang belum mampu atau salah dalam penggunaan huruf kapital ketika menulis surat, mengisi data, menjawab pertanyaan essai, membuat pengumuman, serta membuat karangan dan pantun anak, Bahkan hasil belajar bahasa Indonesia pada aspek menulis belum terlihat memuaskan dan nilai rapor kenaikan kelas dari kelas 3 naik ke kelas 4, rata-rata nilai Bahasa Indonesia siswa adalah 6.3, Nilai rata-rata tersebut masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65.
Hal ini mungkin disebabkan karena guru belum melakukan pembelajaran yang bervariasi sehingga hasil belajar rata rata kelas berada dibawah KKM. Melihat kenyataan ini hendaknya guru memvariasi gaya belajarnya dengan menerapkan Model-Model pembelajaran .
Dari uraian di atas penulis merasa perlu untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan Model pembelajaran pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD). Sehingga diharapkan hasil belajar siswa lebih Optimal karena keberhasilan belajar mutlak ditentukan oleh guru itu sendiri dalam kemajuan proses belajar mengajar, Maka penelitian ini saya beri judul “Optimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II  Tahun Pelajaran 2014/2015”.

B. Identifikasi Masalah
Secara umum pembelajaran Bahasa Indonesia hanya berpusat pada guru dan tidak melibatkan kegiatan siswa secara aktif yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan jenuh, gelisah, tidak konsentrasi dalam belajar, keluar masuk kelas, bermain dan bercanda sehingga mengakibatkan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia terbaikan. Ketidak optimalan dalam pembelajaran juga disebabkan guru lebih cenderung menggunakan konsep yang ada dibuku teks pelajaran bahkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia metode ceramah masih mendominasi sehingga interaksi hanya berlangsung satu arah, siswa hanya menerima informasi tanpa ada balikan, sementara yang aktif adalah guru, Padahal dalam pembelajaran yang aktif dan kreatif seharusnya diperlukan komunikasi dua arah sehingga membuat aktivitas siswa lebih meningkat.
Keadaan semacam ini bila dibiarkan, maka akan mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis huruf kapital yang berimbas pada hasil belajar siswa yang tidak optimal atau berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan akan berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.

C.  Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) dapat Mengptimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II  Tahun Pelajaran 2014/2015.

D.  Tujuan Penelitian
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Mengoptimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II  Tahun Pelajaran 2014/2015.

E.   Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah :
1.   Bagi siswa: dapat Mengoptimalisasi hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis huruf Kapital.
2.   Bagi guru: akan menambah wawasan dalam penggunaan Model-model pembelajaran terutama pendekatan kooperatif tipe STAD
3. Bagi sekolah bermanfaat sebagai dasar dalam membuat kebijakan dan peningkatan mutu pendidik disekolah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar