BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Berdasarkan pengalaman mengajar sebagai guru kelas IV Tahun pelajaran 2013
/ 2014, Setiap kali pembelajaran Bahasa Indonesia maka
mayoritas siswa banyak yang belum mampu atau salah dalam penggunaan huruf
kapital ketika menulis surat, mengisi data, menjawab pertanyaan essai, membuat
pengumuman, serta membuat karangan dan pantun anak, Bahkan hasil belajar bahasa Indonesia pada aspek menulis
belum terlihat memuaskan dan nilai rapor kenaikan kelas dari kelas 3 naik ke kelas 4, rata-rata
nilai Bahasa Indonesia siswa adalah 6.3, Nilai rata-rata tersebut masih di
bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65.
Hal ini mungkin disebabkan karena guru
belum melakukan pembelajaran yang bervariasi sehingga hasil belajar rata rata
kelas berada dibawah KKM. Melihat kenyataan ini hendaknya guru memvariasi gaya
belajarnya dengan menerapkan Model-Model pembelajaran .
Dari uraian di atas penulis merasa
perlu untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan Model
pembelajaran pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisioans
(STAD). Sehingga
diharapkan hasil belajar siswa lebih
Optimal karena keberhasilan belajar mutlak ditentukan
oleh guru itu sendiri dalam kemajuan proses belajar mengajar, Maka penelitian
ini saya beri judul “Optimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan
Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams
Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada
Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015”.
B. Identifikasi Masalah
Secara umum
pembelajaran Bahasa Indonesia hanya berpusat pada guru dan tidak melibatkan
kegiatan siswa secara aktif yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan jenuh, gelisah, tidak
konsentrasi dalam belajar, keluar masuk kelas, bermain dan bercanda sehingga
mengakibatkan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia terbaikan. Ketidak optimalan dalam pembelajaran juga
disebabkan guru lebih cenderung menggunakan konsep yang ada dibuku teks
pelajaran bahkan dalam
pembelajaran bahasa Indonesia metode ceramah masih mendominasi sehingga
interaksi hanya berlangsung satu arah, siswa hanya menerima informasi tanpa ada
balikan, sementara yang aktif adalah guru, Padahal dalam pembelajaran yang
aktif dan kreatif seharusnya diperlukan komunikasi dua arah sehingga membuat
aktivitas siswa lebih meningkat.
Keadaan semacam
ini bila dibiarkan, maka akan mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam
menulis huruf kapital yang berimbas pada hasil belajar siswa yang tidak optimal
atau berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan akan berdampak pada
rendahnya kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.
C. Rumusan Masalah
Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui
Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) dapat Mengptimalisasi Hasil Belajar Bahasa
Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Bagi Siswa Kelas IV SDN
Putat Basiun Pada Semester II Tahun
Pelajaran 2014/2015.
D. Tujuan
Penelitian
Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk Mengoptimalisasi Hasil Belajar
Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan
Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa
Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II
Tahun Pelajaran 2014/2015.
E. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah
:
1. Bagi
siswa: dapat Mengoptimalisasi hasil belajar Bahasa Indonesia
Materi Keterampilan Menulis huruf Kapital.
2. Bagi
guru: akan menambah wawasan dalam
penggunaan Model-model pembelajaran terutama pendekatan kooperatif tipe STAD
3. Bagi sekolah bermanfaat sebagai dasar dalam
membuat kebijakan dan peningkatan mutu pendidik disekolah.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Berdasarkan pengalaman mengajar sebagai guru kelas IV Tahun pelajaran 2013
/ 2014, Setiap kali pembelajaran Bahasa Indonesia maka
mayoritas siswa banyak yang belum mampu atau salah dalam penggunaan huruf
kapital ketika menulis surat, mengisi data, menjawab pertanyaan essai, membuat
pengumuman, serta membuat karangan dan pantun anak, Bahkan hasil belajar bahasa Indonesia pada aspek menulis
belum terlihat memuaskan dan nilai rapor kenaikan kelas dari kelas 3 naik ke kelas 4, rata-rata
nilai Bahasa Indonesia siswa adalah 6.3, Nilai rata-rata tersebut masih di
bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65.
Hal ini mungkin disebabkan karena guru
belum melakukan pembelajaran yang bervariasi sehingga hasil belajar rata rata
kelas berada dibawah KKM. Melihat kenyataan ini hendaknya guru memvariasi gaya
belajarnya dengan menerapkan Model-Model pembelajaran .
Dari uraian di atas penulis merasa
perlu untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan Model
pembelajaran pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisioans
(STAD). Sehingga
diharapkan hasil belajar siswa lebih
Optimal karena keberhasilan belajar mutlak ditentukan
oleh guru itu sendiri dalam kemajuan proses belajar mengajar, Maka penelitian
ini saya beri judul “Optimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan
Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams
Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada
Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015”.
B. Identifikasi Masalah
Secara umum
pembelajaran Bahasa Indonesia hanya berpusat pada guru dan tidak melibatkan
kegiatan siswa secara aktif yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan jenuh, gelisah, tidak
konsentrasi dalam belajar, keluar masuk kelas, bermain dan bercanda sehingga
mengakibatkan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia terbaikan. Ketidak optimalan dalam pembelajaran juga
disebabkan guru lebih cenderung menggunakan konsep yang ada dibuku teks
pelajaran bahkan dalam
pembelajaran bahasa Indonesia metode ceramah masih mendominasi sehingga
interaksi hanya berlangsung satu arah, siswa hanya menerima informasi tanpa ada
balikan, sementara yang aktif adalah guru, Padahal dalam pembelajaran yang
aktif dan kreatif seharusnya diperlukan komunikasi dua arah sehingga membuat
aktivitas siswa lebih meningkat.
Keadaan semacam
ini bila dibiarkan, maka akan mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam
menulis huruf kapital yang berimbas pada hasil belajar siswa yang tidak optimal
atau berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan akan berdampak pada
rendahnya kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.
C. Rumusan Masalah
Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui
Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) dapat Mengptimalisasi Hasil Belajar Bahasa
Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Bagi Siswa Kelas IV SDN
Putat Basiun Pada Semester II Tahun
Pelajaran 2014/2015.
D. Tujuan
Penelitian
Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk Mengoptimalisasi Hasil Belajar
Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan
Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa
Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II
Tahun Pelajaran 2014/2015.
E. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah
:
1. Bagi
siswa: dapat Mengoptimalisasi hasil belajar Bahasa Indonesia
Materi Keterampilan Menulis huruf Kapital.
2. Bagi
guru: akan menambah wawasan dalam
penggunaan Model-model pembelajaran terutama pendekatan kooperatif tipe STAD
3. Bagi sekolah bermanfaat sebagai dasar dalam
membuat kebijakan dan peningkatan mutu pendidik disekolah.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Berdasarkan pengalaman mengajar sebagai guru kelas IV Tahun pelajaran 2013
/ 2014, Setiap kali pembelajaran Bahasa Indonesia maka
mayoritas siswa banyak yang belum mampu atau salah dalam penggunaan huruf
kapital ketika menulis surat, mengisi data, menjawab pertanyaan essai, membuat
pengumuman, serta membuat karangan dan pantun anak, Bahkan hasil belajar bahasa Indonesia pada aspek menulis
belum terlihat memuaskan dan nilai rapor kenaikan kelas dari kelas 3 naik ke kelas 4, rata-rata
nilai Bahasa Indonesia siswa adalah 6.3, Nilai rata-rata tersebut masih di
bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65.
Hal ini mungkin disebabkan karena guru
belum melakukan pembelajaran yang bervariasi sehingga hasil belajar rata rata
kelas berada dibawah KKM. Melihat kenyataan ini hendaknya guru memvariasi gaya
belajarnya dengan menerapkan Model-Model pembelajaran .
Dari uraian di atas penulis merasa
perlu untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan Model
pembelajaran pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Devisioans
(STAD). Sehingga
diharapkan hasil belajar siswa lebih
Optimal karena keberhasilan belajar mutlak ditentukan
oleh guru itu sendiri dalam kemajuan proses belajar mengajar, Maka penelitian
ini saya beri judul “Optimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan
Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams
Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa Kelas IV SDN Putat Basiun Pada
Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015”.
B. Identifikasi Masalah
Secara umum
pembelajaran Bahasa Indonesia hanya berpusat pada guru dan tidak melibatkan
kegiatan siswa secara aktif yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan jenuh, gelisah, tidak
konsentrasi dalam belajar, keluar masuk kelas, bermain dan bercanda sehingga
mengakibatkan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia terbaikan. Ketidak optimalan dalam pembelajaran juga
disebabkan guru lebih cenderung menggunakan konsep yang ada dibuku teks
pelajaran bahkan dalam
pembelajaran bahasa Indonesia metode ceramah masih mendominasi sehingga
interaksi hanya berlangsung satu arah, siswa hanya menerima informasi tanpa ada
balikan, sementara yang aktif adalah guru, Padahal dalam pembelajaran yang
aktif dan kreatif seharusnya diperlukan komunikasi dua arah sehingga membuat
aktivitas siswa lebih meningkat.
Keadaan semacam
ini bila dibiarkan, maka akan mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam
menulis huruf kapital yang berimbas pada hasil belajar siswa yang tidak optimal
atau berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan akan berdampak pada
rendahnya kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.
C. Rumusan Masalah
Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui
Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) dapat Mengptimalisasi Hasil Belajar Bahasa
Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Bagi Siswa Kelas IV SDN
Putat Basiun Pada Semester II Tahun
Pelajaran 2014/2015.
D. Tujuan
Penelitian
Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk Mengoptimalisasi Hasil Belajar
Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Huruf Kapital Melalui Pendekatan
Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devisioans (STAD) Bagi Siswa
Kelas IV SDN Putat Basiun Pada Semester II
Tahun Pelajaran 2014/2015.
E. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah
:
1. Bagi
siswa: dapat Mengoptimalisasi hasil belajar Bahasa Indonesia
Materi Keterampilan Menulis huruf Kapital.
2. Bagi
guru: akan menambah wawasan dalam
penggunaan Model-model pembelajaran terutama pendekatan kooperatif tipe STAD
3. Bagi sekolah bermanfaat sebagai dasar dalam
membuat kebijakan dan peningkatan mutu pendidik disekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar